Sabtu, 14 September 2013

Microsoft Excel

Microsoft Excel 2010

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolahan angka yang merupakan salah satu bagian dalam Microsoft office. Microsoft Excel atau di singkat excel merupakan program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganaisis, dan mempresentasikan data.
Istilah –istilah di Microsoft excel :
1. Sel : Perpotongan antara baris dan kolom
2. Range : Kumpulan beberapa sel
3. Workshee : Lembar Kerja
4. Workbook : Buku kerja atau file
5. Spreadsheed : Lembar Sebar

  Menjalankan Perangkat Lunak Lembar Sebar

Berikut ini ditampilkan cara memulai operasi lembar sebar yang sering digunakan.
Menggunakan sistem operasi windows lembar sebar yang digunakan Microsoft Excel.

A. Cara menjalankan lembar sebar :

a. Klik Start
c. Klik Microsoft office
b. Klik Program
d. klik Micosoft Excel










Mengenal Bagian- Bagian
 
  Mengenal Bagian-bagian Lembar Kerja

KETERANGAN:
1. Cell number box adalah tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer. Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh : → cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5.
2. Formula box adalah tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkanalamat cell / cell addressnya. Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………).
3. Tab worksheet adalah menyimpan multi sheet pada satu buku kerja.dapat dengan cepat berpindah dari satu sheet ke sheet lain hanya dengan mengklik tab worksheet. Nama sheet dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Buku lembar sebar ( Excel )menyediakan 3 lembar sebar (worksheet).
4. Menu Bar adalah tempat memuat daftar menu mulai dari file sampai help.
 Bagian-bagian toolbar :
1. NEW adalah untuk membuka workbook yang telah ada. Cara membuka dengan mengklik New pada toolbar, atau bisa juga dengan mengklik File|New dari menu bar, atau tekan CTRL+N.
2. Open adalah untuk membuka workbook yang telah ada. Cara membuka dengan mengklik open pada toolbar atau Klik File|Open dari menu bar atau tekan CTRL+O, atau klik tombol Open
3. Save adalah untuk menyimpan data yang kita buat. Cara membuka dengan mengklik save pada toolbar atau klik File|Save As atau CTRL+S.
4. Print adalah untuk mencetak lembar sebar. Cara membuka dengan mengklik save pada toolbar
5. Print Preview adalah Fitur ini mengijinkan anda untuk melihat worksheet sebelum di cetak .
6. Spell Check adalah Gunakan untuk mengecek ejaan kata yang salah pada worksheet.
7. Copy dan paste adalah Menu ini digunakan untuk menyalin data dari suatu data range ke data range
8. Undo and Redo adalah untuk membatalkan langkah terakhir yang dibuat, apakah memasukkan data dalam sel, memformat sel, memasukkan fungsi, dll. Klik Redo untuk membatalkan undo
9. Insert Hyperlink adalah Untuk memasukkan hyperlink ke wes site dalam internet, ketik teks kedalam sel yang ingin di link yang bisa diklik dengan mouse. Lalu, klik tombol Insert Hyperlink dan masukkan alamat web yang ingin link dengan teks dan klik OK.
10. Zoom adalah Untuk mengubah ukuran workksheet yang muncul dilayar, pilih perbedaan persentase dari menu Zoom.

Dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama yaitu :
1.      Row Heading
Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.
2.      Column Heading
Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar, bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom). 

3.      Cell Pointer
Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1. 
4.      Formula Bar
Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 .


Menggunakan Fungsi :

Fungsi adalah rumus yang sudah di sediakan oleh Ms.Excel. Beberapa Fungsi yang sering digunakan yaitu :
1. Averange         : Untuk mencari rata2
2. Logika IF          : Dimasukkan ke data yang mempunyai kondisi tertentu 
3. Max                   : Mencari nilai tertinggi
4. Min                   : Mencari nilai terendah
5. Sum                  : Menjumlahkan sekumpulan data
6. Left                   : Mengambil karakter pada bagian kiri
7. Right                 : Mengambil karakter pada bagian kanan
8. Mid                   : Mengambil Karaketer pada bagian tengah
9. HLOOKUP        : Membaca suatu tabel secara Horizontal
10.VLOOKUP       : Membaca suatu table secara Vertikal



0 komentar:

Posting Komentar