Kamis, 03 Oktober 2013

Gerbang Logika







         Digital works adalah program simulasi yang di khususkan pada para perakit PC atau pun perakit lainya yang berhubungan dengan IT (itu menurut saya ).Pembaca yang seorang perakit PC pasti sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya OR,AND,NAND,NOR,XOR,dll.
Software simulasi ini sangat berguna pastinya untuk mempraktekkan perakitan PC atau yang lainya sebelum mencobanya dengan praktek sungguhan.

Berikut adalah gerbang-gerbang yang ada pada DigitalWorks :


GERBANG AND



Gerbang ini terdiri dari 2 input,3input,dan 4 input pada DigitalWorks.Pengertiannya Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang AND mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin tinggi (1) maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan tinggi (1).

GERBANG NOT



 

Gerbang ini berfungsi sebagai pembalik atau dalam peribahasanya inverter .Inverter disebut juga gerbang NOT atau gerbang komplemen (lawan) disebabkan keluaran sinyalnya tidak sama dengan sinyal masukan.

GERBANG OR


  
Gerbang memang mempunyai bentuk yang mirip dengan gerbang AND dan juga terdiri dati 2 input,3input,dan 4 input.Gerbang OR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang OR mempunyai sifat bila salah satu dari sinyal masukan
tinggi (1), maka sinyal keluaran akan menjadi tinggi (1) juga.

GERBANG NAND



 

  
Merupakan lawan dari Gerbang AND.Gerbang OR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang OR mempunyai sifat bila salah satu dari sinyal masukan tinggi (1), maka sinyal keluaran akan menjadi tinggi (1) juga. 

GERBANG NOR



 

  
Merupakan  lawan dari gerbang OR.Gerbang NOR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang NOR mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin tinggi (1) maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan rendah (0). Jadi gerbang NOR hanya mengenal sinyal masukan yang semua bitnya bernilai nol.

GERBANG XOR



 



Gerbang XNOR disebut juga gerbang Not-EXCLUSIVE-OR. Gerbang XNOR mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin benilai tinggi (1) maka sinyal masukannya harus benilai genap (kedua nilai masukan harus rendah keduanya atau tinggi keduanya). 


OK SAYA RASA SUDAH CUKUP LAPORAN SAYA  TENTANG 
VIRTUAL DIGITAL WORKS

Thanks For Reading 


0 komentar:

Posting Komentar