Minggu, 27 Oktober 2013

Rangkaian Lampu Berjalan




Terdiri dari beberapa komponen yaitu :
1. Baterai 9v
2. Resistor 50k
3. Variable resistor 5k
4. Capasitor 10uF
5. Ground
6. NE 555
7. IC 4017B
8. 8 led

Saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja dari rangkaian yang saya buat.
Mulai dari yang pertama yaitu baterai.
Baterai dalam rangkaian ini berfungsi sebagai pemberi daya pada rangkaian.Arus baterai pada kutub + adalah mengalir ke pin Vcc milik NE 555 dan ke pin reset yang berhubungan dengan pin Vcc (adalah pin yang berfungsi untuk mereset latch didalam IC yang akan berpengaruh untuk mereset kerja IC. Pin initersambung kesuatu gate (gerbang) transistor bertipe PNP, jadi transistor akan aktif jika diberi logika low. Biasanya pin ini langsung dihubungkan ke Vcc agar tidak terjadi reset).
Agar arus listrik tidak terlalu besar maka tambahkan Resisitor sebesar 50 K omh, tambahkan Variabel Resistor untuk mengatur arus listrik yang ingin dipergunakan.lalu arus bergerak ke capasitor 10uF yang berfungsi untuk menyimpan energi di dalam medan elektrik.
Maka arus baterai pada kutub – adalah mengalir ke capasitor kutub– dan berhubungan dengan pin ground pada NE 555 sebagai pin input dari sumber tegangan DC paling negative dan dialirkan ke ground.

IC NE 555 adalah penentu besarjeda padalampu led. Yang dapat diatur oleh Variabel Resistor.
 


Lanjut ke output pada NE 555 yang terhubung dengan IC 4017B yang terhubung kebeberapa led yang akan menyala bergirilan.

Di dalam IC 4017B terdapat rangkaian yang terdiri dari beberapa rangkaian D-flip flop yang akan membuat lampu menyala secara bergantian.Berikut merupakan gambar rangkaian dari IC 4017B






Sekian penjelasan secara singkat darisaya, bila ada kesalahan mohon dimaafkan.

0 komentar:

Posting Komentar